Nothing like home made Klapertart



Punya banyak hobi emang nyenengin. Kalau lagi bosen baca bisa iseng-iseng nulis. Kalau udah jenuh keliling dunia bisa bikin hotel baru*blah. Something like that. 

Saya adalah salah satu contoh spesies multihobiensis alias makhluk aneh orang dengan banyak hobi*maksa. Dulu waktu esde hobi filateli, bikin percobaan science aneh-aneh, koleksi kertas surat, nulis diary, baca buku dan herbarium (sengaja disetting gini biar keliatan jenius B))

Pas SMP saya suka banget sama komik. Addicted deh. Terutama Detektif Conan hehehe.
Waktu SMA saya suka dibilangin alien sama temen-temen nyanyi. Hahaha believe it or not, saya suka nyanyi, beneran... dan...mmm nyontek pr temen -,- *Skip this part.

Waktu kuliah saya suka nulis dan makeup. Daan dari sekian hobi itu, yang dari dulu sampe sekarang masih sama adalah: baca, nulis, nyanyi dan MASAK :D

Wowww alien bisa masak? Jangan-jangan cuma jago masak air doang nih. Ckckck 

Bentar, saya kan bilangnya cuma suka aja, soal rasa itu bisa dibahas nanti-nanti :D

Jadi ceritanya saya libur ngajar karena anak-anak kelas 6 ada ujian sekolah. Lumayan lama, senin-kamis. Hmm ngapain ya? Masak aja kali ya, siapa tahu suatu saat punya bisnis kuliner hihi. 

Pas banget pengen masak klapertart. Udah lama pengen masak itu sejak icip-icip klapertart di Sunday morning market Jogja (sekitar kampus UGM-UNY). So yummy :D. 

Caranya gampang kok, siapapun bisa bikin, termasuk you-male readers. Lumayan, bisa buat pedekate sama calon mertua :p 

So, here we go. Pertama siapin bahan-bahannya dulu. Biar gampang kita bagi jadi 4 pasukan ya hehe.

Pasukan 1

125ml air kelapa muda, 125gr gua pasir, 75 gr margarine.  

Masak bahan-bahan ini sampai mendidih.

Kalau sudah mendidih jadinya kira-kira seperti ini >< 


Sambil menunggu mendidih, mari siapkan pasukan 2.

Pasukan 2

125ml air kelapa muda, 40 gr terigu, 25 gr maizena

Campur bahan-bahan pasukan 2 sampai rata, lalu masukkan ke pasukan 1 yang sudah mendidih. (Kalau mau adonannya halus, tepung-tepungnya diayak dulu sebelumnya)



Then, keep stirring until porridge like consistency appears. Cool it down. Selagi menunggu dingin, siapkan pasukan 3.
 
Pasukan 3

Daging kelapa muda+kismis secukupnya, 3 kuning telur, 200ml susu

Masukkan pasukan 3 ke adonan bubur yang sudah dingin. Harus benar-benar dingin ya folks, soalnya kita nggak mau telurnya matang dan jadi telur dadar :D. setelah dicampur, adonannya jadi seperti ini:


Masukkan adonan ke loyang aluminium foil, lalu panggang selama 15 menit dengan suhu kurang lebih 170 – 180 derajat Celcius. Selama menunggu matang kita buat pasukan 4.

Pasukan 4

3 btr putih telur, 50 gr gula pasir, 10 gr tepung terigu, kayu manis bubuk secukupnya
Kocok putih telur dan gula pasir sampai kaku, lalu masukkan terigu dan kayu manis bubuk. Kalau mau extra kismis, tinggal ditambahin aja :D

Masukkan pasukan 4 yang sudah jadi ke klapertart yang sudah dipanggang sebelumnya. Lalu, panggang lagi selama 15 menit. 

Aaaand voila! My first homemade klapertart ever >< mirip kan sama yang di bakery-bakery? :D hohoho

anyone? :p

Rasanya unbelievably tastyyyy!! Halal dan paraben free, halah. 

kelinci percobaan

Padahal saya ngaco banget bikinnya, nggak pake timbangan, cuma pake perasaan#eaaa. Itu ukuran bahan-bahannya dapat dari web majalah Nova hahaha. And...look at the chaos I made in the kitchen. 

so messy...

So, yeah, cooking is fun. Buat yang galau, mending langsung lari ke dapur, cek isi kulkas, lalu bikin masakan baru. Misal creamy tongkol soup with jengkol chips, petai salad with terasi dressing, etc*nggak usah bayangin rasanya, plis. Make your own creation, people, and have some fun!

Budget: 

Coconut: free~

Flour, sugar, cinnamon, milk: ambil di dapur~lalala

Raisin: IDR 8.000

Corn starch: almost free. I got 200gr for IDR 2.500

Aluminum foil cups: IDR 15.000 (20 pcs)

Murah aja apa murah banget? :p Sebenernya kalau mau budget nya lebih mahal bisa kok. Ambil kelapanya di Maldives *krik. 

Have fun and good luck people :D

Behind the scene:

Sehari sebelum masak klapertart saya ngobrol dengan ibu-ibu yang baru kenal di bis. Beliau suka masak juga dan nyambung banget ngobrolnya, mana gaul lagi ibunya hehe. Begitu tahu saya mau bikin klapertart, beliau menawarkan kelapa gading yang ada di depan rumah. Rumahnya sih cukup jauh, mungkin sekitar 3 km dari rumah, tapi nggak apa-apa deh itung-itung silaturahim. Ibu itu bilang, nanti datang saja ke rumahnya Pak D**** guru SD 1. Sip sip, batin saya. Kalau di kampung guru SD biasanya cukup dikenal warga sekitar. 

On the next day, saya beneran ke rumah ibunya. Subhanallah jalannya belum diaspal dong, mana belok-belok dan lewat hutan, nyasar pula -__-‘ Setelah muter-muter dan nyasar beberapa kali, akhirnya sampai jugaa :D. Indikator: ada pohon kelapa gading di depan rumah. 

Setelah ketemu ibunya di rumah itu, saya langsung sok akrab. Tapi ekspresi ibunya kok bingung gitu ya? Hmm jangan-jangan...salah orang. Tapi ini bener rumahnya Pak D***** guru SD 1, tidak ada yang namanya sama di daerah itu. Setelah konfirmasi, saya adalah orang yang kenalan di bis kemarin sore, ibunya bilang beliau bepergian naik motor. Glek. 

Kami berdua bingung. Kalau diperhatikan emang wajah mereka agak beda. Ah saya memang kebiasaan deh, kalau ngobrol sama orang nggak pernah lihat wajahnya secara langsung, entah kenapa. Pelupa lagi, duuh. 

By the way yang kenalan sama saya di bis siapaaa???!! T^T

Ah, whatever, karena ibu nya baik hati saya tetep dapet kelapanya~.

4 comments:

  1. masih seperti tulisan miss tiwi yang dulu. selalu hangat :)

    boleh nyicip g? sisain ya

    ReplyDelete
  2. chef :O

    kepengen bisa bikin kue euy

    ReplyDelete
  3. nggak suka,baca ini bikin tambah laper..

    *lagi kelaperan ditengah malam diiringi hujan*

    ReplyDelete
  4. @Anggi,

    big thanks :') insyaAllah kapan-kapan bikin lagi. Ayo main ke rumah :D

    @Robby

    bikin ajaaa gampang kokk :D

    @Maksum,

    Cieeee yang galauuu.

    ReplyDelete

feel free to share your beautiful thought

 
kotakmimpi Blog Design by Ipietoon