Garden Power


I am a sucker for anything halal, natural yet healthy products. One of the proofs is here. Kalau ada produk apaa gitu yang berbau natural pasti langsung diburu deh, apalagi produk organic yang langka but as affordable as regular ones :D.

Hmm enak kali ya kalau punya kebun organik sendiri, mau butuh apa tinggal nengok ke belakang rumah lalu metik dan bikin sesuatu sendiri, tanpa harus bayar mahal-mahal. Kalau Allah mengabulkan, one day saya pengeen banget punya:

ORGANIC VEGGIES FARM IN THE BACKYARD XD

this is what so called happiness
 ORGANIC FLOWER FIELD

yes, please

ORGANIC FRUIT FARM  

;)

 ORGANIC HERB GARDEN 

Herb Village-Korea. This is wonderland!!

I love garden (but I am too lazy to manage my garden, ha!) Saya hobi beli bibit-bibit taneman, tapi setelah dibeli yaudah dirawatlah seadanya ngehheehe. Kalo kaya gini sih namanya bukan gardening, kalau bargaining sih iya, kan cuma beli doang. Padahal menurut penelitian berkebun bisa membuat bahagia lho. 

Saya pernah denger dari teman ada kelas untuk orang-orang yang merasa kurang bahagia, nah mereka disuruh nanem tomat sama tutornya :D Anda merasa kurang bahagia? Tanamlah tomat. Lumayan, hasilnya bisa dibikin sambel, heu. 


Tambah bahagia lagi kalau beberapa hasil kebun bisa dibikin produk macem-macem! Misal nih kalau habis panen jengkol, jengkolnya dikumpulin lalu dibikin apa gitu misal pasta gigi #trims.

Emang hasil kebun bisa dibikin apa aja sih?? Hohoho cekdisaut 

FOOD&BEVERAGES

Contoh paling simple dan jadi life style nya orang Indonesia tuh, nanem bayam atau singkong terus dibikin pecel. Atau nanem daun bawang buat sop. Kalau ada yang punya sayuran eksotis lain, semisal lettuce, broccoli, asparagus, bisa juga bikin macem-macem misal stew, salad dan tempura. 
yum :D
Selain makanan, hasil dari gardening juga bisa buat bikin seger-seger. Es cincau, es krim, teh herbal, jus buah, smoothies.... #gulp

Taro smoothies, the infamous Hawaiian beverages.
 
 
lime ice cream- eskrim sunlight~
  
jelly grass drink :) segerr


MEDICINE

Orang Indonesia  jago bikin yang beginian, jamu adalah buktinya. Waktu jaman kakek nenek kita muda mereka mengandalkan jamu sebagai obat/P3K sehari-hari. Misal untuk penambah nafsu makan mereka mengkonsumsi temulawak, untuk immune booster mereka mengkonsumsi meniran, kalau untuk obat batuk? ada yang tahu? :)


kunyit asem~nice treat for women

cough remedies: lemon/lime juice+ginger+honey

BODY CARE
Pernah denger siwak? Yang sering baca Sirah Nabi pasti familiar dengan siwak :) yup, pasta gigi+sikat gigi Rasulullah dan sahabatnya.Siwak adalah ranting pohon Salvadora persica  yang dimanfaatkan untuk membersihkan gigi, caranya dengan digigit ujung-ujungnya sampai menyerupai sikat, lalu digosokkan ke permukaan gigi. Bersiwak secara teratur bisa memutihkan gigi, menjaga kebersihan mulut dan menyegarkan nafas.
natural toothbrush

Selain siwak, sirih juga terkenal bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut serta bisa menyegarkan nafas. Selain itu sirih juga bisa jadi feminine wash karena kandungan antiseptik alaminya :) 


Tanaman lain yang bisa dimanfaatkan sebagai bodycare alami: bengkoang untuk masker wajah, lidah buaya untuk perawatan rambut dan pertolongan pertama sunburn/luka bakar, sereh untuk anti serangga dan aromatherapy, strawberry untuk lip balm, dll. 

 HOME SUPPLIES
Tanaman di sekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk bumbu masak, misal: kunyit, jahe, seledri, daun bawang, cabai, dll. 

Selain itu ada juga tanaman yang daunnya manis dan bisa jadi pengganti gula tebu. Nama tanamannya adalah stevia/sugar leaf/sweet leaf. Stevia adalah salah satu tanaman yang ajaib menurut saya, karena rasanya yang beberapa kali liat lebih manis dari gula tapi zero calorie. Menanam stevia di rumah berarti kaya nanem pabrik gula, shedapp. Uang buat beli gula bisa buat keliling dunia :D #aamiin.

penampakan stevia, sepintas kaya semak biasa :|
Selain itu tanaman ajaib lain yang bisa jadi alternatif home supply di rumah adalah klerak. Kerak itu sejenis biji-bijian yang bisa buat nyuci. Sebagai deterjen jadul jaman kakek nenek kita (coba tanyain deh~) klerak ini selain ampuh menghilangkan noda juga ada busanya! Wow! #berguling.Saat ini klerak dimanfaatkan untuk mencuci logam (perak) dan kain batik.

klerak atau soap nuts, jenis kacang yang nggak bisa dimakan
gambar dari blog sebelah

See how great the power of the garden is? The garden products are not only great for body but also good for environment. If we have a garden in our environment it means that we have a convenient store and a factory at the same time.  So, please let me know if you have anything to share regarded to this exciting topic :D


See you soon <3

3 comments:

  1. o gosh aku juga pingin banget!
    pingin punya sawah nanem sayur2 supaya makannya sehat terus >.<

    ReplyDelete
  2. @Al Khansa wahh iya tuh sawah organik! Nyum. Bener sist kita bisa mengontrol apa yang kita makan, biar bisa pesticide free :)

    @Via Devina, Indeed :) semoga bisa erwujud suatu hari nanti aamiin

    ReplyDelete

feel free to share your beautiful thought

 
kotakmimpi Blog Design by Ipietoon